RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika (Umum)
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Genp
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
|
Materi Pokok
|
:
|
Trigonometri
|
Alokasi Waktu
|
:
|
10 Minggu x 4Jam pelajaran @ 45Menit
|
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.7.
Menjelaskan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
pada segitiga siku-siku
|
4.7.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus,
tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.7.1. Menyebutkan perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan
3.7.2. Menjelaskan hasil penyelidikan perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku
3.7.3. Mengaitkan konsep perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku dengan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam
beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.7.4. Mengidentifikasikan
sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku- siku.
3.7.5. Membedakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.6. Menyesuaikan sifat-sifat dan hubungan antar
perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.7. Mengkorelasikan sifat-sifat dan hubungan antar
perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.8. Menghubungkan sifat-sifat dan hubungan antar
perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.9. Membandingkan sifat-sifat dan hubungan antar
perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.10. Mendeskripsikan ukuran sudut pada segitiga siku-siku
3.7.11. Mengekplorasi konversi sudut pada segitiga siku-siku
3.7.12. Melakukan perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku
3.7.13. Mengubah ukuran sudut sesuai ketentuan (derajat ke
radian dan sebaliknya)
3.7.14. Menemukan perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus,
secan dan cotangen
3.7.15. Menggunakan konsep kesebangunan
|
4.7.1. Menyatakan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah
4.7.2. Menjelaskan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah
4.7.3. Menentukan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah
4.7.4. Memilih perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan
masalah
4.7.5. Menyusun perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan
masalah
4.7.6. Menggunakan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah
4.7.7. Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk
menemukan perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus, secan dan cotangen
4.7.8. Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk
mengubah ukuran sudut sesuai ketentuan (derajat ke radian dan sebaliknya)
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.8.
Menggeneralisasi
rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut
berelasi
|
4.8.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di
berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.8.1. Menyebutkan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.2. Menjelaskan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.3. Mengklasifikasikan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.4. Mengaitkan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.5. Menganimasikan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.6. Memproyeksikan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.7. Menemukan perbandingan dan nilai perbandingan trigonometri
dalam sudut istimewa
3.8.8. Menemukan hubungan nilai fungsi trigonometri dikuadran
II,III dan IV dengan perbandingan trigonometri dikuadran I
|
4.8.1. Menyajikan penggunaan hubungan nilai fungsi
trigonometri dikuadran II,III dan IV dengan perbandingan trigonometri
dikuadran I untuk menentukan nilai suatu sudut
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.9.
Menjelaskan
aturan sinus dan cosinus
|
4.9.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.9.1. Mendeskripsikan
konsep himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.9.2. Menemukan
himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.9.3. Mendeskripsikan
konsep persamnaan kosinus
3.9.4. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan kosinus
3.9.5. Mendeskripsikan konsep persamaan tangen
3.9.6. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan tangen
3.9.7. Merumuskan model matematika dari permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari menjadi bentuk persamaan trigonometri a cos x + b sin x
= c
3.9.8. Menganalisis identitas trigonometri
3.9.9. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan berbentuk a
cos x + b sin x = c dalam masalah matematis
3.9.10. Menyusun identitas trigonometri baru yang valid nilai
kebenarannya
3.9.11. Menemukan
identitas trigonometri yang lain dari hasil pencarian di perpustakaan
daerah, serta dapat membuktikan kebenarannya
|
4.9.1. Menyelesaikan
masalah matematis dengan menggunakan konsep himpunan penyelesaian
persamaan sinus
4.9.2. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan
himpunan penyelesaian persamaan sinus
4.9.3. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan
konsep persamnaan kosinus
4.9.4. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan
himpunan penyelesaian persamaan kosinus
4.9.5. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan
konsep persamnaan tangen
4.9.6. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan
himpunan penyelesaian persamaan tangen
4.9.7. Membuktikan kebenaran suatu identitas trigonometri
dengan menganalisis identitas trigonometri tersebut
4.9.8. Menyajikan identitas trigonometri
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.10. Menjelaskan fungsi trigonometri dengan
menggunakan lingkaran satuan
|
4.10. Menganalisa perubahan grafik fungsi
trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) +
d.
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.10.1. Menyebutkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis
grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x
dan grafik fungsi y = tan x
3.10.2. Menjelaskan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis
grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x
dan grafik fungsi y = tan x
3.10.3. Mengklasifikasikan konsep fungsi Trigonometri dan
menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi
Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik
fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.4. Mengaitkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis
grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x
dan grafik fungsi y = tan x
3.10.5. Menganimasikan konsep fungsi Trigonometri dan
menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi
Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik
fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.6. Memproyeksikan konsep fungsi Trigonometri dan
menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi
Trigonometri dari sudut- sudut istimewa.perbandingan trigonometri sudut-dan
sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan
grafik fungsi y = tan x
|
4.10.1. Menyatakan grafik fungsi
trigonometri
4.10.2. Menggambarkan grafik fungsi trigonometri
4.10.3. Menganimasikan grafik fungsi trigonometri
4.10.4. Merancang grafik fungsi trigonometri
4.10.5. Menyusun grafik fungsi trigonometri
4.10.6. Memproyeksikan grafik fungsi trigonometri
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik
dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi Trigonometrisebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menguasai materi Trigonometridengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi
Trigonometriyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Trigonometriyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
D. Materi
Pembelajaran
Materi
Pokok
Trigonometri
- Pengukuran Sudut
- Perbandingan Trigonometri pada Segitiga
Siku-Siku
- Sudut-sudut Berelasi
- Identitas Trigonometri
- Aturan Sinus dan Cosinus
- Fungsi Trigonometri
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar penilaian
Ø
Penggaris, spidol, papan tulis
Ø
Laptop & infocus
Ø
Audio: kaset dan
CD.
Ø
Audio-cetak:
kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø
Proyeksi visual
diam: OUT dan film bingkai.
Ø
Proyeksi audio
visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø
Audio visual
gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø
Visual gerak:
film bisu.
Ø
Objek fisik:
Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø
Komputer.
Ø
Cetak: buku,
modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol /
kapur berwarna
G. Sumber
Belajar
Ø Buku
penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika WajibKelas X Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
Ø
Manusia dalam
lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø e-dukasi.net
H. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri
pada segitiga siku-siku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
A. Penilaian
1. Sikap
a. Observasi
2. Pengetahuan
a. Tes
Tertulis Pilihan Ganda dan atau Uraian
b. Penugasan
Tugas Rumah
1)
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
2)
Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
3) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
a. Unjuk
Kerja
b. Portofolio
Jakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.......................................... ............................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar