RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika (Umum)
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
|
Materi Pokok
|
:
|
Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasional
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45Menit
|
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.2. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
|
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.2.1. Mendefinisikan tentang konsep pecahan
3.2.2. Mengidentifikasikan tentang bentuk
pertidaksamaanpecahan
3.2.3. Mengklasifikasikan tentang sifat-sifat
pertidaksamaan pecahan
3.2.4. Mendeskripsikan tentang konsep himpunan
penyelesaian pertidaksamaan pecahan
3.2.5. Mengeksprolasi konsep penyelesaian
pertidaksamaan pecahan
3.2.6. Mengidentifikasikan tentang konsep bilangan
irrasional
3.2.7. Mendeskripsikan tentang bentuk
pertidaksamaan irrasional
3.2.8. Mengidentifikasikan tentang himpunan
penyelesaian pertidaksamaan irrasional
3.2.9. Menemukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan irrasional
3.2.10. Mengidentifikasikan tentang konsep nilai
mutlak
3.2.11. Mendeskripsikan tentang bentuk
pertidaksamaan nilai mutlak
3.2.12. Mengidentifikasikan tentang himpunan
penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
3.2.13. Menemukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan nilai mutlak
3.2.14. Mendeskripsikan tentang bentuk
pertidaksamaan nilai mutlak
|
4.2.1.
Menggunakan
konsep pecahan dalam memecahkan masalah nyata
4.2.2.
Menggunakan
bentuk dan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan dalam memecahkan masalah nyata
4.2.3.
Memecahkan
masalah matematis menggunakan kertas undian dengan memahami konsep
penyelesaian pertidaksamaan pecahan
4.2.4.
Menerapkan
konsep himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2.5.
Menyelesaikan
masalah matematis menggunakan konsep bilangan irrasional
4.2.6.
Menyelesaikan
masalah matematis dengan menggunakan bentuk-bentuk pertidaksamaan irrasional
4.2.7.
Menyelesaikan
masalah matematis dengan himpunan penyelesaian pertidaksamaan irrasional
4.2.8.
Menggunakan
media kartu bridge dalam menyelesaikan masalah matematis dengan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan irrasional
4.2.9.
Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan dengan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan irrasional
4.2.10. Memecahkan masalah matematis dengan
menggunakan konsep nilai mutlak
4.2.11. Memecahkan masalah matematis dengan
menggunakan bentuk-bentuk pertidaksamaan nilai mutlak
4.2.12. Menyelesaikan masalah matematis dengan
menggunakan himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
4.2.13. Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
dengan menggunakan himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik
dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasionalsebagai bentuk penghayatan dan pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menguasai materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasionaldengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi
Pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan irrasionalyang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasionalyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
D. Materi
Pembelajaran
Materi
Pokok
Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasional
FAKTA
Bentuk
Pecahan
Ø Bentuk
Irrasional
Ø Bentuk Nilai
Mutlak
Ø Himpunan
Penyelesaian
Ø Daerah
penyelesaian
KONSEP
Ø Konsep
Pertidaksamaan
Ø Konsep Nilai
Mutlak
Ø Konsep
Pertidaksamaan Pecahan
Ø Konsep
Pertidaksamaan Irrasional
Ø Konsep
Pertidaksamaan Nilai Mutlak
Ø Sifat-sifat
pertidaksamaan
pecahan
Ø Sifat-sifat
pertidaksamaan
irrasional
Ø Sifat-sifat
pertidaksamaan
Nilai mutlak
PRINSIP
Ø Himpunan
Penyelesaian Pertidaksamaan Pecahan
Ø Himpunan
Penyelesaian Pertidaksamaan Irrasional
Ø Himpunan
Penyelesaian Pertidaksamaan Nilai Mutlak
Ø Daerah penyelesaian
pertidaksamaan
pecahan
Ø Daerah penyelesaian
pertidaksamaan
irrasional
Ø Daerah penyelesaian
pertidaksamaan
mutlak
PROSEDUR
Ø Menentukan
Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Pecahan
Ø Menentukan
Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Irrasional
Ø Menentukan
Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Nilai Mutlak
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar penilaian
Ø
Penggaris, spidol, papan tulis
Ø
Laptop & infocus
Ø
Audio: kaset dan
CD.
Ø
Audio-cetak:
kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø
Proyeksi visual
diam: OUT dan film bingkai.
Ø
Proyeksi audio
visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø
Audio visual
gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø
Visual gerak:
film bisu.
Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen.
Ø
Komputer.
Ø
Cetak: buku,
modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol /
kapur berwarna
G. Sumber
Belajar
Ø Buku
penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika WajibKelas X Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
Ø
Manusia dalam
lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø e-dukasi.net
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
|
15 menit
|
||||||||||||||||
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
|||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150 menit
|
||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Kegitaan Penutup
|
15 menit
|
||||||||||||||||
Peserta didik :
Guru :
|
A. Penilaian
1. Sikap
a. Observasi
2. Pengetahuan
a. Tes
Tertulis Pilihan Ganda dan atau Uraian
b. Penugasan
Tugas Rumah
1)
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
2)
Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
3) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
a. Unjuk
Kerja
b. Portofolio
Jakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.......................................... .........................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar